A+ A A-

20 TIPS MEMILIH DAN MEMAKAI BRA Featured

Beri rating berita ini
(1 Vote)

(01/11/2018) Bra merupakan pakaian dalam perempuan yang penting. Selain fungsinya untuk menyangga payudara, bra yang tepat dapat menjaga payudara agar tetap sehat, indah, dan kencang. Setiap perempuan memiliki ukuran dan tipe payudara yang berbeda-beda. Sebaiknya ketika memilih bra, Anda  mengetahui ukuran dan tipe payudara Anda.

 Banyak perempuan yang sering kali salah dalam memilih dan memakai bra, padahal bra adalah pakaian yang dipakai sehari-hari. Kesalahan dalam memilih dan memakai bra ternyata dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh perempuan dalam hal pemilihan dan pemakaian bra.

Meski tak terlihat dan berada di dalam, pemilihan bra yang digunakan perlu diperhatikan. Kamu nggak boleh sembarang memilih hanya karena tersentuh dengan bentuk dan warnanya yang lucu. Sebaiknya, utamakanlah ukuran, bahan, dan jenis bra agar kesehatan dan keindahan bentuk payudara terjaga dengan sempurna.

1.  Memilih bra hanya berdasarkan ukuran cup

Mungkin Anda membeli dan memilih bra sesuai dengan ukuran payudara, sehingga Anda kemudian menentukan bra berdasarkan ukuran cup-nya. Namun sebenarnya, ukuran lingkar dada juga penting. Ada bra yang ukuran cup-nya cocok dengan Anda namun tidak pas pada lingkar dada, entah itu kebesaran atau kekecilan. Contohnya, ada bra yang berukuran B namun lingkar dadanya berukuran A.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih bra yang sesuai dengan lingkar dada Anda, sehingga membuat Anda nyaman memakainya dan menghindarkan dari iritasi yang dapat terjadi jika memakai bra yang lingkar dadanya lebih kecil daripada lingkar dada Anda. Jika Anda memilih bra yang cup-nya terbentuk, maka payudara Anda harus mengisi dengan pas, tidak ada lipatan payudara seperti sesak dan tumpah ke luar. Pun jangan ada ruang tersisa di cupAnda.

 2.  Memilih bra dengan Trik dua jari. 

Memilih bra haruslah yang pas, tidak terasa sesak, juga tidak terasa longgar. Caranya adalah dengan memasukkan dua jari Anda ke tengah-tengah bra. Jika masih ada celah untuk dua jari Anda, berarti bra tersebut pas dengan lingkar dada bawah Anda. Ketika bagian belakang bra selalu naik ke atas dan Anda harus menarik tali pada bahu sepanjang hari, maka pita pengait bra Anda mungkin terlalu longgar untuk dipakai. Anda memang bisa selalu menarik kait tali bra di belakang, namun kalau tidak berhasil juga, berarti Anda harus memilih ukuran yang ada di bawahnya.

3.  Saat mencoba bra, kaitkan dengan pas, jangan terlalu kencang, jangan terlalu kendur.

Ketika Anda mengukur lingkar dada dengan bra yang ingin dibeli, maka sebaiknya Anda mencoba mengaitkannya pada kaitan yang paling luar. Hal ini disebabkan karena bra akan memelar kira-kira 3 inci selama Anda memakainya. Ketika bra sudah memelar, maka barulah Anda mengaitkan bra pada kaitan yang paling terdalam.

4.   Jangan sungkan untuk mengangkat tangan ke atas sambil bergerak dan lihat letak bra. Kalau terangkat dan bergeser, itu tandanya kebesaran.

Kamu harus menghilangkan rasa malu saat membeli bra untuk mencobanya ya. Lakukan dengan mengangkat tangan ke atas sambil digerakkan. Lalu lihat bra-nya, kalau ternyata ikut terangkat dan bergerak, berarti masih kebesaran. Oleh sebab itu, pilih bra lainnya yang lebih sesuai

5.   Gak hanya cup, bagian garis tengah bawah bra pun demikian. Yah, supaya payudaramu dapat tersangga dengan baik.

Kadang, cup bra memang terisi penuh namun bagian garis tengah bawah bra nggak terisi. Masih ada yang nggak menempel kulit dan hal itu kurang baik untuk menyangga payudara. Makanya, saat mencobanya kamu harus memastikan dengan tepat seluruh bagian bra terisi penuh ya.

6.  Bukan cuma ukuran cup yang diperhatikan, pilih juga bra strap yang nyaman

Seringkali kamu memilih bra yang bertali kecil agar nggak mengganggu penampilan dalam menggunakan pakaian jenis apapun. Padahal untuk kenyamanan, bra dengan tali besar merupakan pilihan yang tepat karena mampu menyanggah payudara dengan baik. Biasakanlah mengenakan bra dengan tali besar ini sesering mungkin dan selingi dengan yang bertali kecil kalau kamu memang akan memakai pakaian sedikit terbuka. Pilih juga yang elastis dan bukan dari bahan lycra atau spandex karena terlalu lentur.

 

 

7. Hindari menggunakan bra berkawat kalau payudaramu berukuran kecil. Karena bra jenis ini lebih baik dipakai oleh cewek berpayudara relatif besar.

Bra berkawat lebih diperuntukkan untuk kamu yang memiliki payudara besar. Oleh karena itu, kalau kamu berukuran kecil sebaiknya menghindarinya. Kalau memaksanya, maka bra berkawat dapat mengganggumu dalam beraktivitas.

8. Bra yang ada busanya atau berbentuk mancung sebaiknya jangan digunakan kalau kamu memiliki payudara besar. Karena akan membuat bagian dada semakin besar.

Jangan memaksa dirimu yang berpayudara besar untuk mengenakan bra yang ada busanya atau berbentuk mancung. Hal tersebut karena dapat membuat payudaramu terlihat semakin besar dan tentu hal tersebut akan mengganggu penampilan.

9.   Bagimu yang ingin menggunakan strapless bra, harus memastikan ukurannya memang pas dan mampu menutupi seluruh payudara.

Stapless bra biasa kamu gunakan saat mengenakan busana seperti kemben. Karena bentuknya yang tanpa tali ini akan memudahkan dan nggak mengganggu kamu ketika berbusana dengan bagian pundak terbuka. Oleh karena itu, pastikan seluruhnya menutupi payudara ya.

10.  Bahan bra pun perlu diperhatikan. Pilih yang menyerap keringat.

Bra berbahan katun  tentu sangat baik untuk menyerap keringat. Dengan kegunaannya yang langsung menopang payudara dan bersentuhan dengan kulit, tentu kamu memerlukan bra yang dapat menyerap keringat. Dengan begitu iritasi dan rasa gatal dapat terhindari.

11.  Menentukan cup yang sesuai

Jika Anda memakai bra dan kemudian ada bagian payudara Anda yang terlihat menyembul, maka cup tersebut masih tergolong kecil untuk Anda. Pilihlah cup yang tepat, sehingga ketika dipakai terasa penuh tanpa ada bagian yang terlihat menyembul.

12.  Sesuaikan tali bra ketika memakainya

Jika tali bra ketika dipakai malah jatuh ke lengan dan tidak pas dengan ukuran bahu, maka bra tersebut masih terlalu besar untuk Anda. Hindari juga tali bra yang mengikat sangat kencang, karena akan menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan nyeri pada punggung. Jika pita pengait terus naik ke atas, dan payudara Anda seperti ke luar ke bagian bawah bra, mungkin bra Anda terlalu besar. Cobalah untuk menarik tali pada bahu untuk membuat pita  

 13.Menyesuaikan model bra dengan pakaian yang akan digunakan

Tentunya pakaian yang akan Anda gunakan menentukan model bra yang akan dipakai. Ketika Anda sedang ingin menghadiri pertemuan penting dan mengharuskan Anda memakai gaun, maka gunakanlah model bra yang tepat sesuai dengan model gaun yang akan digunakan. Jika gaun yang digunakan memiliki model pundak terbuka, sebaiknya Anda memakai model bra tanpa tali. Sedangkan jika Anda menggunakan kaos atau kemeja tipis berwarna putih, maka Anda dapat memilih bra yang berwarna senada dengan baju dan nyaman untuk digunakan.

14. Ganti bra setiap hari

Bra biasanya mudah melar karena bahannya yang elastis. Sehingga, memakai bra berturut-turut akan menyebabkan bra memelar dalam waktu yang singkat sehingga tidak nyaman untuk dipakai. Anda dapat mencuci bra dengan air dingin, untuk membantu bra kembali elastis dan menghindarkan bra memelar dalam waktu yang cepat. Setidaknya Anda harus mempunyai enam atau tujuh buah bra yang dapat Anda pakai bergantian setiap harinya.

15. Hindari memasukkan bra ke pengering (dryer)

Bra yang dicuci kemudian dimasukkan ke dalam pengering, akan cepat rusak dan memelar. Hal ini disebabkan karena bahan bra yang lembut dan elastis tidak tahan panas.

16.  Bra dengan busa? Gantung, jangan lipat

Jika Anda memiliki bra yang cup-nya terbuat dari busa, maka lebih baik jika Anda menyimpannya dengan menggunakan gantungan dibandingkan dengan melipatnya menjadi satu, karena akan merusak cup­ bra tersebut.

17. Pilih warna terang, Hindari warna Gelap

Pemilihan warna ini, diharapkan dapat mendeteksi payudara yang mengeluarkan cairan

18.   Hindari Bra dengan Busa yang Tebal

Sama seperti bentuk push up bra, kamu juga disarankan untuk mengurangi volume payudara dengan tidak mengenakan bra busa tebal. Mengapa? Karena bra busa tebal tidak akan membuat payudaramu terlihat proporsional. Jenis bra ini akan memperbesar volume. Untuk itu, kamu bisa saja pilih bra busa, sepanjang kamu memilih yang tidak terlalu tebal.

19.   Wireless Bra untuk Payudara Besar

Wireless bra adalah jenis bra yang berukuran besar dibanding bra pada umumnya. Untuk itulah bra ini cocok untuk kamu yang memiliki payudara besar. Bra ini biasanya bermaterial katun yang membuat tampilan yang halus serta nyaman dikenakan. Cup bra yang besar juga membuat kamu tidak perlu takut kesempitan saat memakainya.

20. Hindari Bra Renda

Bra renda bagi pemilik payudara besar juga tidak menguntungkan. Di mana, bra berbahan renda akan mudah terlipat dan membuat permukaannya menjadi tidak rata. Hal ini bertentangan dengan upaya kamu membuat bentuk payudara yang terlihat rapi. Bahan rendanya yang kasar juga bisa membuat kulitmu iritasi lho!

 

 

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com