A+ A A-

Ajak Siswa Kenal Produk Pertanian Dengan Urban Farming

Beri rating berita ini
(0 votes)

SURABAYA, PortalJatim.com – Semakin sempitnya lahan di kota Surabaya, membuat para anak-anak hampir tak pernah melihat produk pertanian di lahan kecuali di meja makan mereka.

Presiden Bambusa Forest Indonesia (Bafi) Drs Antonius P Wigig R MM mengatakan tinggal di kota besar membuat anak tidak mengenal produk pertanian. “Banyak siswa di Surabaya tak pernah melihat kebun sayur dan sawah. Tapi setiap hari mereka disibukkan dengan rutinitas perkotaan," katanya, Sabtu (28/3/2015).

Salah satu cara mengenalkan produk pertanian di kota besar adalah dengan Urban Farming. Dalam workshop dan lomba Urban Farming yang diikuti 170 siswa SMA se Surabaya dan Sidoarjo.

Urban Farming ini memang ditujukan untuk para siswa mengerti dan tertarik mengembangkan pertanian dan teknologi bercocok tanam yang lebih moderen dan menguntungkan. Sehingga kedepan pekerjaan dibidang pertanian tak ditinggalkan seperti saat ini lebih banyak pemuda didesa yang lebih memilih bekerja di kota.

"Dalam kegiatan hari ini para siswa kami ajarkan bagaimana bercocok tanam di halaman rumah dan sekolah mereka yang terbatas. Mereka kami ajarkan cara mencampur media tanam dari kompos dan sekam dan menabuh benih sayuran seperti salada, bayam serta kangkung, totalnya ada 9 jenis tanaman sayuran yang bisa mereka tanam hari ini dan 20-30 hari kedepan mereka bisa langsung memanennya," papar Antonius.

Kegiatan ini juga sebagai pemberi motivasi pelestarian lingkungan dan perwujudan kepedulian terhadap berbagai lahan kritis yang tidak berdaya. Workshop Urban Faming bagi siswa SMA/SMK/MA ini untuk kedua kalinya diselenggarakan Bafi. Pada penyelenggaraan sebelumnya, hanya diikuti sekitar 70 siswa dari sejumlah sekolah di Surabaya.

Kegiatan yang dilakukan di halaman kampus Ubhara itu mendapat perhatian langsung dari Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, Ir Joestamadji MSi, dan Vinsensius Aweng, anggota DPRD Kota Surabaya. (dne)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com