A+ A A-

(7/12’15) Pembekalan bagi 30 relawan tour guide Museum Kanker Indonesia-YKW untuk  acara “Cancer Awareness Festival 2015” dilaksanakan di jl. Kayun 16-18, Surabaya. Sejarah, tampilan artefak dan serangkai informasi terkait museum dan kanker dijelaskan secara detail kepada seluruh relawan. Merekalah yang akan mentransformasikan hal ini pada pengunjung CAF 2015 pada tanggal 11, 12, 13 Desember 2015 nanti.

Anna Maharani, direktur MKI-YKW sekaligus sebagai ketua CAF 2015 tampil bersemangat menyambut para relawan. Predikat “Cancer Survivor” yang disandangnya karena menderita kanker payudara selama 25 tahun tak nampak sama sekali. CAF 2015 yang diselenggarakan pertama kali ini memerlukan perjuangan besar untuk sukses menanggulangi kanker berbasis masyarakat.

Acara CAF 2015 selama tiga hari pada tanggal 11, 12, 13 Desember 2015, Pk. 08.00 s/d 21.30 dilaksanakan di Museum Kanker Indonesia, jl. Kayun 16-18, Surabaya ini terbuka untuk umum dan gratis. “Saya berharap semua kalangan masyarakat dan komunitas secara ihlas berkenan hadir berbagi serta saling menguatkan di acara CAF 2015 ini,” ujar Anna.

Rangkaian acara yang dipersiapkan panitia adalah Tur Museum, Garage Sale, Skor Resiko Kanker Serviks & Payudara untuk Pribadi & Keluarga, Light Candle Never Die, Maharani (Cancer Survivor) Show, Lomba Mewarnai, Pray for Mom, Seminar, Apresiasi Komunitas, Gelaran Seni & Budaya.

Salah satu tokoh CAF 2015 adalah Syaiful Bachri menyampaikan, “Ibu saya meninggal karena kanker payudara yang menjalar hingga tulang belakang. Kami tahu betapa berat perjuangan beliau. Andai saja bisa dideteksi sejak dini, In sha allah beliau masih bisa mendampingi kami sampai saat ini. Acara ini sebagai wujud bakti anak kepada seorang Ibu.”

Sedangkan keinginan dari sahabat-sahabat Ratna Kartika (Almarhumah), sosok relawan yang ramah, ringan tangan, pandai bernyanyi dan wafat di usia 40 tahun karena kanker serviks dengan meninggalkan anak yang masih usia SMP dan SD menjadi awal inspirasi Festival ini. Dari rencana melaksanakan memperingati 100 hari kematiannya kemudian meluas hingga menjadi CAF 2015.

Ananto Sidohutomo, budayawan sekaligus founder dari Museum Kanker Indonesia-YKW dan Bidadari menyatakan, “Bila acara ini dapat terselenggara dengan baik, akan merupakan bukti bahwa berjejaring dan saling berbagi memang diperlukan dalam sebuah pergerakan masyarakat. Semoga CAF 2015 ini dapat menurunkan secara signifikan angka kematian karena kanker, terutama kanker Serviks & Payudara yang sudah diketahui upaya pencegahan, deteksi dini dan bila ditemukan pada tahap awal dapat dilakukan upaya penyembuhan yang maksimal.”

Anna di ujung pertemuan menghimbau, “Museum Kanker Indonesia-YKW adalah satu-satunya museum kanker di dunia. Jangan biarkan orang-arang asing yang datang dari jauh saja yang menikmati museum ini, sekarang saatnya semua warga masyarakat khususnya Surabaya dan sekitarnya menikmati dan belajar bersama disini.”

Selengkapnya...

JAKARTA, portaljatim.com - Berkolaborasi dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik serta mencegah pemakaian plastik berlebih, The Body Shop berkomitmen untuk mendukung berbagai upaya peduli lingkungan. Dengan menyelenggarakan Green Month Campaign 2015 diadakan berbagai program yang mendukung pengumpulan satu juta petisi #pay4plastic.

Selengkapnya...

SURABAYA, PortalJatim.com – Semakin sempitnya lahan di kota Surabaya, membuat para anak-anak hampir tak pernah melihat produk pertanian di lahan kecuali di meja makan mereka.

Selengkapnya...
© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com