A+ A A-

Kembalinya "B. Jon", sang Legenda Balada Surabaya

Beri rating berita ini
(0 votes)

30/8'15. Lebih seratus orang menyimak Minggu Akustik yang mengambil judul "In Honour Of B. Jon". Acara ini digelar di Cafe "GELAS KAYOON 1618", di Jl. Kayun 16-18, Surabaya sejak Pk. 20.00 s/d 22.00 dengan dipandu oleh Host Angela Merry.

Bambang Sudjono atau lebih dikenal masyarakat sebagai B. Jon adalah Pencipta Lagu,Penyanyi dan pemain Gitar dengan genre Balada. Lahir di Malang, 27 Agustus 1955, mulai belajar otodidak alat musik Gitar sejak kelas V SD. Tangan dinginnya sampai saat ini telah melahirkan ratusan karya cipta lagu.

Kemasan penampilan B. Jon di panggung ini unik. Panitia secara khusus mensyaratkan penampilan di panggung selama minimal 1 jam ini mutlak harus membawakan lagu karya sendiri. Bila terdapat lagu karya orang lain, maka seketika sound-system dan lampu akan dimatikan disertai teriakan Huuu dari hadirin.

Ananto Sidohutomo, budayawan penggagas acara ini menyampaikan, " Tujuan pokok acara ini adalah menghormati seseorang yang berani menampilkan cipta karyanya sendiri. Kemasan semi talkshow dilakukan supaya audience mengenali dan mengikuti proses kreatif pencipta lagu tersebut. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi di daerah lain seluruh Indonesia."

 

Sebelas karya ciptanya dinyanyikan dengan kemampuan tinggi pada gaya bertutur dan komposisi lagu. Tampilan tersebut didukung oleh Sulih, Arief Firmansyah dan Pardi.

Sejak tahun 1977, B. Jon mulai menciptakan lagu dan membawakan sendiri maupun bersama Duo Vocal “Jon & Sulih”. Tahun 1978, karyanya oleh studio Golden Hand diedarkan dalam bentuk rekaman Casette berjudul Skalu 77, Kaki 5, Bangunan Tua. Setelah itu aktif bernyanyi di berbagai acara, termasuk di kampus Unbra, Uned, UGM, IKIP, dan kalangan SMA di Jawa.
Tahun 1984 bermusik di Rock Tricle Band sebagai Lead Vocal. Menulis lagu bersama Paman Dolit untuk Cerita Boneka di TVRI Surabaya. (Selepas kuliah, bekerja di Lampung sebagai dokter hewan dan tak aktif bermusik)
Tahun 1994 untuk organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia membuat album rekaman bersama Iwan Fals dengan nama grup musik Trahlor.
Tahun 1998 membuat lagu “Kusuma Bangsa/ Perubahan” untuk mengenang pahlawan reformasi mahasiswa Trisakti.
Tahun 1999, mengisi 6 karya dalam album Sadhana. Sedangkan pada tahun 2002-2004, karyanya diterbitkan dalam album Solo dan diedarkan secara indie oleh Airo.
Tahun 2010, B. Jon menciptakan lagu berjudul “Country FKH” dan tahun 2013 melahirkan karya cipta lagu “Excellence With Morality” untuk Unair.

 

 

Berita Terkait

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com