A+ A A-

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2014 Mulai Di Jember

Beri rating berita ini
(0 votes)

JEMBER, PortalJatim.com - Pepsodent kembali berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) untuk menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang telah secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2010.

BKGN tahun ini akan diadakan di 18 FKG dan 20 PDGI Cabang dan Universitas Jember merupakan salah satu lokasi penyelenggaraan. Diresmikan hari ini, Kegiatan BKGN di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universias Jember.

Professional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc mengatakan penyakit gigi dan mulut termasuk dalam 10 besar penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia (Depkes:2008).

Temuan tersebut diperkuat dengan hasil Riset Dasar Kesehatan yang menyatakan bahwa sekitar 25,9% penduduk Indonesia mengalami permasalahan gigi dan mulut namun baru 31,1% yang menerima pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

“Salah satu komitmen Pepsodent diwujudkan melalui kegiatan BKGN, kami berharap dapat memberikan edukasi tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan memberikan pelayanan tidak hanya di kota besar, melainkan juga di daerah pelosok Indonesia. Sehingga dapat membantu pemerataan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat Indonesia,” katanya Rabu (01/10/2014).

Tenaga kesehatan gigi merupakan ujung tombak dalam memberikan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi bagi masyarakat Indonesia. Hingga saat ini Indonesia sudah memiliki sekitar 25.000 dokter gigi dengan 66% terpusat di pulau Jawa dan sisanya menyebar di Indonesia (KKI, 2014). Lebih lanjut, dari 7.158 Puskesmas di Indonesia baru 60% Puskesmas yang memiliki dokter gigi (Kemenkes, 2013).

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember drg. Herniyati, M.Kes. menambahkan jika mengacu pada indikator Indonesia Sehat 2010, setiap dokter gigi diharapkan dapat melayani sekitar 10.000 pasien, maka dengan demikian Jawa Timur telah memiliki cukup dokter gigi.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, 2012, Jember telah memiliki sekitar 220 dokter gigi, dengan jumlah penduduk sekitar 1 juta jiwa maka dapat dikatakan Jember telah memiliki cukup dokter gigi.

“Berangkat dari kondisi ini, kami memanfaatkan momen BKGN sebagai salah satu momen untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya perawatan kesehatan gigi dan mulut termasuk rutin berkunjung ke dokter gigi dua kali dalam setahun,” katanya. (tam)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com