A+ A A-

HAKI Sulit Didapat, Wirausahawan Cari Hak Paten Luar Negeri

Beri rating berita ini
(0 votes)

SURABAYA, PortalJatim.com – Sulitnya mengurus hak paten menjadi keluhan para peneliti dan pelaku usaha di Indonesia. Keluhan ini kembali terungkap dalam dialog yang diselenggarakan Konjen AS Surabaya dengan wirausahawan muda dari beberapa universitas.

Sekitar 30 wirausaha muda dari Surabaya berdialog langsung dengan Kepala Seksi Politik dan Ekonomi Konjen AS, Brandon Possin, Pejabat Seksi Politik dan Ekonomi Joanne Cossitt dan Pengacara Paten dan ahli di bidang Hak Asasi dan Kekayaan Intelektual (HAKI) dari AS, Richard Litman.

Diungkap seorang peserta dari Universitas Ciputra, Fanky Miswar, selain sulit pengurusan HAKI di Indonesia juga mahal. “Di sini sulit dan belum terjamin, untuk konsultasi saja, duduk , sudah harus bayar, ada teman yang menyarankan untuk urus paten di AS atau di Korea saja katanya lebih mudah,” katanya, Selasa (30/9/2014).

Richard yang juga penasehat hukum untuk International Intellectual Property Institute (IIPI) mengatakan untuk bisa mendapatkan paten memang banyak hal teknis yang harus dijalankan. Richard juga tidak menyebut membuat paten di Amerika gratisan.

“Tetap ada biayanya tapi bagaimana membuatnya menjadi low cost way, kalau ide dan karya Anda layak dijual ke luar negeri berarti sudah saatnya Anda pikirkan sistem internasional, kalaupun harus membayar, pandanglah itu sebagai investasi,” katanya.

Sementara Brandon mengungkapkan AS mendukung kewirausahaan di Indonesia melalui beberapa progran diantaranya Global Entrepreneurship Program Indonesia, Global Innovation Through Science and Technologu (GIST) dan sektor swasta.

“Sebagaimana pernyataan Presiden Obama, Kami percaya para wirausahawan dapat menciptakan lapangan kerja yang dapat memperkuat hubungan antar negara, menciptakan pasar global dan memenuhi impian orang yang menginginkan kebebasan untuk merancang kehidupan mereka,” tutupnya. (dne)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com