A+ A A-

SHS FOKUS TINGKATKAN POPULARITAS KULINER JATIM

Beri rating berita ini
(1 Vote)

SURABAYA, PortalJatim.com - Belum tergarapnya potensi kuliner Jawa Timur secara maksimal, menjadikan popularitas makanan asal daerah ini, kalah moncreng dengan kuliner dari daerah lain. Meski pemerintah dalam hal ini Disbudpar Jatim selalu mengikut sertakan kuliner daerah diajang festival makanan baik tingkat provinsi maupun nasional.

Executive Director Surabaya Hotel School (SHS), Bagus Supomo, mengatakan pihaknya kini sedang membidik peluang pengembangan kuliner Jawa Timur di tingkat nasional. Pihaknya juga intens bekerjasama dengan berbagai pihak untuk lebih mengenalkan kuliner Jatim. 

Menurutnya, trend dimasyarakat pecinta kuliner, akan selalu memburu dan mencoba menu baru. Apalagi setiap tahun selalu digelar ajang "Festival Makanan khas Jatim" di daerah selalu menyajikan menu andalan daerah masing-masing.

"Ajang kompetisi sudah banyak diikuti oleh pengolah masakan yang difasilitasi oleh dinas kebudayaan dan pariwisata dan hasilnya sungguh diluar dugaan," ujarnya, Kamis (21/2/2013).

Sedangkan, upaya yang dilakukan Dinas kebudayaan dan PariwisataJatim perlu mendapatkan apresiasi untuk mengangkat sekaligus mempromosikan produk olahan lokal.

"Sebagai insan yang berkecimpung di dunia pariwisata, saya pribadi mengacungi jempol terhadap langkah disbudpar mengangkat dan memanfaatkan potensi sumber daya pangan yang dimiliki di masing-masing daerah, tentu karena potensinya luar biasa harus bisa dikembangkan," katanya.

Sementara, keberadaan SHS saat ini terus berupaya mencetak kader-kader profesional untuk sektor food and beverage agar nantinya menciptakan kreasi menu baru yang tentunya bisa dan dapat bersaing dengan kuliner luar negeri.

"Makanya saya lebih sering menyarankan siswa untuk mencoba dan mengkreasikan menu, agar kita tidak kalah dengan keragaman kuliner dari daerah lain, panganan teko Bandung ae wis akeh nang Suroboyo, mosok kene kalah rek," kelakarnya. (ery/hid)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com