A+ A A-

Pordasi Jatim Gelar Kejuaraan Berkuda Jatim Cup

Beri rating berita ini
(0 votes)

PASURUAN, PortalJatim.com - Gelaran pacuan kuda kembali digelar di lapangan pacuan kuda "Ki Ageng Astrojoyo", di Desa Coban Joyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Kali ini pertandingan balap kuda pacu tersebut bertingkat Kejurda.

Ketua Divisi Pacuan Kuda, dari Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) Propinsi Jawa Timur Subakir mengatakan Kejurda yang bertajuk Jatim Cup tersebut diselenggarakan oleh Pordasi Jatim.

"Sekarang kan sudah ada lapangan pacuan kuda yang memenuhi spesifikasi syarat nasional di Jatim, jadi Pordasi Jatim kembali menghidupkan kejuaraan pacuan kuda di wilayah Jatim," katanya, saat ditemui di lokasi, Minggu (28/12/2014).

Dalam Kejurda Jatim Cup tersebut, digelar berbagai macam kelas dan tingkat perlombaan pacuan kuda, seperti kelas A,B,C,D,E,F,G,H,I dan J, juga tingkat Pemula / Derby. "Kejurda kali ini diikuti oleh 120 peserta dari seluruh Jatim, dan juga Jabar serta Jateng," imbuh Subakir.

Animo para peserta memang cukup besar, hal tersebut dikarenakan di lapangan pacuan kuda yang dibangun dibekas lahan tambang pasir seluas kurang lebih 12 hektar itu, kini telah dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung.

Diantaranya tribun penonton bertingkat 2, sehingga untuk para pemilik kuda lebih leluasa melihat kuda-kuda miliknya berpacu. Juga telah dibangun rumah-rumah peristirahatan bagi perawat dan pelatih kuda.

Pemilik lokasi pacuan kuda Ki Ageng Astrojoyo H.Misbahul Munir mengatakan biasanya sebelum bertanding, kuda-kuda peserta telah didatangkan seminggu sebelum pertandingan, untuk pengenalan dan adaptasi medan serta lintasan pacu.

"Kami akan terus melengkapi sarana dan prasarana pendukung untuk lapangan pacuan kuda ini. Karena bila semua fasilitas telah terpenuhi maka diharapkan para peserta akan semakin banyak, dan olahraga kejuaraan pacuan kuda di Jatim ini akan terangkat," paparnya.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengapresiasi kepedulian H.Misbahul Munir yang telah menyulap areal bekal penambangan sirtu miliknya, menjadi arena pacuan kuda. Karena selain mengangkat potensi ekonomi masyarakat sekitar, juga mengangkat potensi wisata dan olahraga di Kabupaten Pasuruan.

"Pemerintah Kabupaten Pasuruan sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap kepedulian pengusaha sirtu, yang bisa mengangkat olahraga berkuda tidak hanya di wilayah Kabupaten saja, namun juga di Jatim dan nasional. Semoga bisa tercetak atlit-atlit berkuda handal dari Pasuruan," ujar Irsyad Yusuf saat menutup Kejurda Jatim Cup, Minggu siang tadi. (Bet)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com