A+ A A-

MODAL PRIBADI MENGAWALI BISNIS

Beri rating berita ini
(0 votes)
Oleh : Dr Ananto Sidohutomo MARS Oleh : Dr Ananto Sidohutomo MARS

Oleh : Dr Ananto Sidohutomo MARS

Sungguh indah bila membayangkan setelah bangun tidur di pagi hari esok, masing-masing kita telah memiliki bisnis yang membuat hidup kita kaya, punya pengaruh dan bisa melakukan apa saja sesuai kemauan dan kesenangan kita. Apakah memang sedemikian mudahnya memiliki bisnis yang mapan, hebat dan dapat mencukupi semua kebutuhan dan keinginan kita.

Pada dasarnya setiap pebisnis, baik kecil-kecilan, menengah dan atas sama saja repotnya, tekanannya, tantangan dan peluangnya, serta resiko dan keberhasilannya. Semua tentu diukur dari sumber daya yang telah dikeluarkan. Sebuah bisnis  dengan modal aset senilai sejuta rupiah, tentu menanggung resiko dan keberhasilan tidak jauh dari angka rupiah tersebut. Demikian pula bisnis dengan modal aset senilai milyaran rupiah, tentu juga akan berputar di kisaran angka rupiah tersebut.


Mengawali sebuah bisnis ternyata tidak cukup dengan bermimpi atau memiliki mimpi indah. Membangun bisnis lebih cenderung berhasil dengan mengedepankan modal aset diri pribadi yang telah kita miliki dan akan kita kembangkan. Modal pribadi itu adalah keteguhan pada komitmen, sikap pantang menyerah dan kemampuan bekerja keras terhadap tujuan ewujudkan bisnis tersebut.

Ketiga faktor itu bahkan dianggap lebih dari cukup untuk mengawali sebuah bisnis, apapun bisnis itu. Sedangkan faktor lain cukuplah dianggap sebagai faktor lain yang akan mempengaruhi skala besar kecilnya serta jenis bisnis yang akan dilaksanakan.
Semua orang, termasuk para pelaku bisnis dapat segera melakukan interospeksi diri untuk lebih mengenali dan memahami modal pribadi yang telah dimiliki.

Ketiga faktor tersebut boleh di beri nilai pada skala 0 s/d 100. Setelah itu tentu lebih mudah memahami mengapa bisnis seseorang belum dapat dimulai, atau telah dimulai namun hasilnya seperti itu-itu saja, atau bahkan telah berhasil mendapatkan sebuah bisnis yang jauh melebihi harapannya. (*)

Untuk Informasi dan Konsultasi Lebih Lanjut
Hubungi Chaperon Business & Career Consulting (CBCC) Di +62818302761 atau Pin BB 28CD49EC

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com