A+ A A-

Butuh Informasi Kepolisian, 500210 Saja

Beri rating berita ini
(0 votes)

SURABAYA, Portaljatim.com- Kepolisian Daerah Jawa Timur kembali membuat gebrakan. Kali ini bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Polda Jatim menyiapkan layanan ‘call center-500210’ yang diberi nama Pusat Pelayanan Informasi Kepolisian kepada masyarakat.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Yoyok Subagiyono, mengatakan Pusat Pelayanan Informasi Kepolisian (PPIK) ini merupakan program unggulan dari institusinya dalam mengintegrasikan informasi dari masyarakat dan Polri.

"Perangkatnya sudah ada. Termasuk di Polda Jatim dan di semua Polres jajaran. Dan sekarang ini, masih dalam proses mempersiapkan personil yang akan bertugas di PPIK. Kami harapkan dalam satu atau dua bulan ke depan sudah bisa diluncurkan," katanya di sela-sela pelatihan personel PPIK yang diikuti 450 anggota dari seluruh Polres se-Jatim Kamis (17/04/2014).

Berbeda dengan layanan telepon darurat (emergency call) 110 yang sudah sejak lama dioperasionalkan, nomor kontak 500210 ditekankan pada pemberian layanan informasi tentang kepolisian, semisal soal masalah tilang, pengurusan SIM, pendaftaran calon anggota Polri dan pengurusan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

“Call Center tersebut dibuka untuk melengkapi layanan 110 polisi. Bedanya, 110 bersifat emergency seperti laporan peristiwa dan sebagainya, sedangkan 500210 bersifat lebih informatif dan edukatif,” papar Yoyok.

Dengan menelpon 500210, masyarakat bisa terhubung dengan seluruh jajaran polres se-Jatim, karena ada mesin penjawab atau operator yang bertugas menghubungkan. Untuk mempermudah layanan, pihaknya membagi 39 polres yang ada di jajaran Polda Jatim dalam tujuh wilayah, yakni wilayah Surabaya, Madura, Bojonegoro, Kediri, Madiun, Malang, dan Besuki (tapal kuda).

"Rencananya setiap polres disiapkan enam hingga sembilan personel untuk bertugas sebagai operator. Selama dua hari terakhir, mereka mendapat pelatihan khusus dari pihak Telkom dan instruktur dari Polda Jatim," tambahnya.

Sementara, General Manager Witel Suramadu (Surabaya Madura) Telkom Djatmiko menambahkan layanan call center 500210 (PPIK) ini menjadi proyek percontohan pertama yang ditangani Telkom dalam membantu tugas-tugas Polri.

"Untuk layanan ini, Telkom memberikan dukungan teknologi terbaik, termasuk melibatkan Telkomsel sebagai anak perusahaan. Kami berharap bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Berbeda dengan nomor darurat 110 yang bebas pulsa (gratis), untuk layanan 500210 diberlakukan tarif telepon lokal murah bagi masyarakat yang menghubungi, tetapi tarif itu baru berlaku untuk pengguna produk Telkom Group. 

“Hal ini juga untuk menghindarkan dari telp spam yang sering terjadi pada 110. Layanan ini tidak hanya bisa diakses oleh warga yang berdomisili di Indonesia saja, 500210 juga bisa diakses dari luar negeri. Misalnya oleh TKI dan TKW yang ingin mendapat informasi tentang kepolisian di daerah asalnya. Tarifnya sama, tetap lokal,” tandasnya. (dne)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com