A+ A A-

Kenaikan Cukai Picu Peredaran Rokok Ilegal

Beri rating berita ini
(0 votes)

SURABAYA, portaljatim.com – Kebijakan pemerintah terkait cukai rokok dinilai sangat memberatkan bagi pelaku industri rokok legal dalam negeri. Dampaknya, besarnya pajak yang dibebankan justru menjadi pemicu munculnya perusahaan rokok ilegal yang tidak mau membayar pajak.

Presiden Direktur PT HM Sampoerna, Paul Janelle mengatakan penelitian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta menyatakan bahwa ditaksir sebanyak 11% rokok ilegal beredar di pasar nasional.

“Banyaknya rokok ilegal yang beredar tersebut pastinya sangat merugikan pemerintah. Bahkan diperkirakan, kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal tersebut mencapai Rp 5 triliun hingga Rp 9 triliun per tahun,” katanya Senin (27/4/2015).

PT HM Sampoerna Tbk meminta pemerintah  menyederhanakan struktur dan sistem cukai di Indonesia karena rencana kenaikan cukai pada tahun ini dikhawatirkan akan semakin merugikan negara dan kian menggencet produsen rokok yang legal di Tanah Air.

"Kalau cukai dinaikkan, perdagangan rokok ilegal ikut meningkat.  Dan selanjutnya akan berdampak pada berkurangnya volume produksi rokok bagi perusahaan yang legal serta pengurangan tenaga kerja di sektor ini," tandas Paul.

Seperti diketahui, PT HM Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok di tanah air yang berhasil bertahan dari tekanan pasar dan ekonomi makro dengan mempertahankan posisi sebagai pemimpin. Pada tahun 2014, Sampoerna menghasilkan volume penjualan tahunan sebesar 109,7 miliar batang dan pendapatan bersih sebesar Rp 10,2 triliun.

"Sampoerna dan Philip Morris Indonesia juga telah mempertahankan perannya sebagai salah satu kontributor pajak terbesar bagi pemerintah Indonesia. Pada tahun 2014, Sampoerna dan Philip Morris Indonesia membayar pajak dengan total lebih dari Rp 52 triliun, yang terdiri dari cukai, pajak perambahan nilai, pajak penghasilan perusahaan dan pajak daerah," tutupnya. (dne)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com