A+ A A-

Penyaluran Kredit KKMB Jatim Capai Rp 12,5 Miliar Pada 2013 Berkat Sertifikat

Beri rating berita ini
(0 votes)

SURABAYA, PortalJatim.com- Penyaluran kredit untuk UMKM melalui satuan tugas Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Jawa Timur mencapai Rp 12,5 miliar. Angka itu naik dibandingkan Tahun 2012 yang mencapai Rp 1,49 miliar. Peningkatan nilai kredit itu karena mereka mempunyai sertifikat tanah yang bisa diagunkan. 

Deputi Kepala Perwakilan BI Wilayah IV Jatim Soekowardojo mengatakan data dari Satgas KKMB Jatim, Tahun 2011 ada 170 bidang tanah yang berhasil disertifikatkan, naik dari Tahun 2012 yang mencapai 551 bidang tanah, dan Tahun 2013 mencapai 1.050 bidang tanah. Sedangkan tahun ini ada 1.535 bidang tanah yang masuk pemberkasan untuk mendapatkan sertifikat.

"Kami punya kepentingan agar kredit usaha untuk UMKM tumbuh, terus BPN juga mempunyai target penyertifikatan tanah," ujarnya di sela-sela bedah buku 'Menapak Jalan Menuju Sejahtera Berkah di Balik Sertifikasi Tanah' di Perpustakaan BI, Kamis (13/03/2014).

Soeko menambahkan, tidak sedikit UMKM di Jatim yang sebenarnya feasible namun tidak bankable karena UMKM tidak mempunyai legalitas terhadap asetnya seperti contoh sertifikat tanah atau bangunan. "Padahal tempat usaha atau lokasi usaha dimiliki oleh mereka sendiri secara turun temurun," imbuhnya.

Tahun 2011, Gubernur Jatim meneken kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan IV Jatim dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Jatim. Kerjasama itu untuk sertifikasi tanah milik pelaku UMKM.

Setelah kerjasama dilakukan KKMB sejak Tahun 2011, ada pertumbuhan nilai kredit dan aset yang disertifikatkan. Kredit tersebut diberikan kepada sejumlah koperasi susu di Pasuruan, pelaku UMKM di Situbondo, Sidoarjo, Bojonegoro, Jombang dan Mojokerto juga Pasuruan, antara lain oleh Bank UMKM Jawa Timur, Bank Jatim dan BPR Thaman Dana Sidoarjo. (dne)

© Copyright 2013 portaljatim.com, All Rights Reserved | Designed by: Jasawebsite.com